Standar Profesi Perawat perlu lebih Diperhatikan saat Menjalankan Tugas

Undang-undang RI Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan mengamanatkan bahwa praktik keperawatan harus didasarkan pada kode etik, standar pelayanan, standar profesi, dan standar prosedur operasional.  Semua perawat baik yang praktik mandiri maupun praktik di fasilitas pelayanan kesehatan harus merujuk pada standar. 

Perawat Kuwait

Perawat Kuwait

Bagi semua orang yang berprofesi sebagai perawat hendaknya memahami hal ini sebelum mereka menjalankan tugas di tempat kerja masing – masing. Sehingga saat menjalankan tugas, perawat harus senantiasa berhati – hati serta mengutamakan klien disamping menjaga diri agar tidak sampai melanggar ketetapan yang berlaku yang akan berdampak kepada sangsi hukum.

PPNI sebagai organisasi profesi Perawat, selain memperhatikan anggotanya, juga harus memastikan  masyarakat menerima pelayanan dan asuhan keperawatan yang kompeten dan aman. Untuk itulah Standar Profesi Perawat perlu ditetapkan, melalui mereview kembali Standar Profesi Perawat yang telah ada untuk dirumuskan ulang. Harif Fadhillah yang juga Ketua Umum DPP PPNI manyatakan bahwa sebelumnya PPNI telah menyusun standar tersebut, mengacu pada kompetensi International Council of Nurses (ICN).

Kegiatan yang dikemas dalam workshop tersebut, berlangsung sejak 18-19 Agustus 2017 di Hotel Dafam Jakarta tersebut, melibatkan Bidang Diklat dan Bidang Pelayanan yang mewakili Perawat seluruh Indonesia. Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, ia menyampaikan bahwa telaah terhadap standar profesi ini perlu dilakukan mengingat perubahan yang terjadi dalam lingkup global, termasuk juga kawasan regional ASEAN, dimana telah didepakati common core competences untuk perawat dalam komunitas ASEAN.

Perawat Banyuwangi

Perawat Banyuwangi

Baru – baru ini terdengar kabar ada kasus diduga pelanggaran yang dilakukan oleh salah seorang perawat di wilayah timur pulau Jawa tepatnya di Banyuwangi. Dimana kasusnya sedang ditangani oleh aparat kepolisian setempat. Belum lagi juga tersiar kabar ada juga salah seorang perawat kita yang bekerja di Kuwait juga mendapatkan komplain dari pasien, sehingga berakibat harus berurusan dengan pihak kepolisian. Kita do’akan semoga rekan kita sejawat yang sedang dirundung masalah tersebut segera teratasi masalahnya dengan sebaik – baiknya. Semoga kita semua yang berprofesi perawat bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini sehingga lebih berhati – hati lagi dalam menjalankan tugas dan peran fungsi kita di tempat kerja kita masing – masing.
Sumber :

  • http://ppni-inna.org/index.php/public/information/news-detail/16
  • INNAK
  • PPNI Banyuwangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *